Wajib Tahu! Berikut Macam-Macam Produk Kosmetik dan Kegunaannya

30 May 2021
Wajib Tahu! Berikut Macam-Macam Produk Kosmetik dan Kegunaannya

Saat ini, ada begitu banyak produk kecantikan yang bisa didapatkan dengan mudah. Dengan adanya tren belanja online, kini siapapun bisa membeli berbagai produk kosmetik wajah yang diinginkan hanya dari rumah.

Terlebih bagi anak perempuan yang mulai memasuki masa remaja maupun bagi mereka yang masih pemula sekalipun akan merasa bingung dengan banyaknya jenis kosmetik dengan berbagai brand ternama.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik, ada baiknya untuk mengetahui jenis dan kegunaan kosmetik itu sendiri.

 

Pengertian Kosmetik

Apa itu yang dimaksud dengan kosmetik? Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), kosmetik merupakan suatu bahan atau produk yang berfungsi untuk mempercantik, membersihkan, hingga memaksimalkan hasil riasan di wajah agar penampilan jadi lebih menarik.

Biasanya, kosmetik terbuat dari bahan dasar air, madu, susu, alkohol, triclosan, methylisothiazolinone, ekstrak buah dan sari bunga.

Untuk itu, yuk mari kita kenali macam-macam produk kosmetik dan kegunaannya.

 

1. Face Primer

Biasanya, sebelum menggunakan foundation #BeautyHaulSquad harus mengaplikasikan face primer di wajah. Hal ini bertujuan agar riasan wajah dapat terkunci dan bertahan lama.

Selain itu, face primer juga bisa membuat kulit terlihat tetap lembap sepanjang hari dan mampu menyamarkan noda bekas jerawat ataupun keriput halus yang muncul.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup oleskan face primer di seluruh bagian wajah, setelah itu barulah menggunakan alat-alat makeup lainnya.

 

2. Foundation

Jenis kosmetik yang satu ini biasanya digunakan sebagai alas bedak dasar yang bertujuan untuk mempertahankan hasil riasan. Untuk memilih foundation bisa disesuaikan dengan jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, berjerawat, ataupun kulit yang sensitif.

Jika salah dalam memilih foundation, hal ini bisa membuat alergi pada kulit dan justru merusak hasil makeup. Umumnya, foundation dibagi menjadi beberapa jenis, seperti oil-based yaitu foundation untuk kulit kering.

Lalu, ada juga matte foundation yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Dan yang terakhir liquid foundation yang bisa digunakan untuk mereka yang memiliki kulit normal.

 

3. Concealer

Di urutan yang ketiga, gunakan concealer setelah primer dan foundation. Concealer memiliki tekstur yang lebih kental dan padat, sehingga bisa digunakan untuk menyamarkan berbagai masalah wajah, seperti jerawat, bekas luka, pori-pori kulit, hingga masalah lingkar hitam di bawah mata.

 

4. Loose Powder (Bedak Tabur)

Penggunaan bedak tabur berfungsi untuk menyerap minyak berlebih sekaligus, mengunci hasil makeup, dan bisa menghaluskan permukaan kulit. Untuk #BeautyHaulSquad yang memiliki wajah kering bisa menggunakan compact powder.

Sedangkan, untuk mereka yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan loose powder. Biasanya, loose powder memiliki bentuk dan tekstur yang sangat halus.

 

5. BB Cream (Blemish Balm)

BB Cream merupakan krim pelembab yang berfungsi untuk meratakan hasil makeup agar bisa menutupi jerawat, noda hitam, ataupun permasalahan wajah lainnya. Dengan begitu, riasan wajah akan terlihat lebih halus dan tampak natural.

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Fungal Acne dan Bagaimana Cara Menghilangkannya Secara Alami

 

6. Blush On (Pemerah Pipi)

#BeautyHaulSquad pasti sering melihat seseorang yang pipinya berwarna merah, bukan? Itu adalah hasil dari blush on yang diterapkan pada bagian pipi. Dengan begitu, wajah akan tampak lebih muda dan cantik.

Produk blush on memiliki beberapa jenisnya, seperti loose, krim, gel dan compact. Ada begitu banyak jenis warna yang bisa dipilih mulai dari merah muda, sheer plum, coral, tangerine, mauve, orange, dan soft berry.

 

7. Eyeshadow (Perona mata)

Eyeshadow menjadi salah satu alat kosmetik yang banyak digunakan. Tujuannya adalah untuk merias bagian kelopak mata agar tampak lebih indah. Cara menggunakannya pun sangat mudah, pertama gunakan printer terlebih dahulu sebagai alasnya.

Pilih warna yang sesuai dengan warna kulit, lalu segera rias area kelopak mata menggunakan kuas kecil agar eyeshadow bisa lebih merata.

 

8. Pensil Alis (Eyebrow Pencil)

Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik dan menarik? Pastinya, setiap wanita hampir selalu menginginkannya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menata alis.

Bentuk alis harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Contohnya apabila seseorang memiliki wajah bulat, disarankan untuk membuat alis yang tebal dan melengkung mengitari bola mata bagian atas agar tampak rapi dan proporsional.

Untuk mereka yang memiliki bentuk wajah kotak, sebaiknya membuat alis tipis-tipis agar memberikan kesan manis pada wajah.

Baca juga: Intip 6 Seleb Korea tentang Cara Memutihkan Wajah ala Mereka

 

9. Bronzer

Jika dilihat sekilas, bronzer memang tidak jauh berbeda dengan blush on. Namun, bronzer secara spesifik dapat membuat kulit terlihat lebih warm.

 

10. Eyeliner

Bila ingin menampilkan kesan yang serius, #BeautyHaulSquad bisa menggunakan eyelineruntuk mempertegas garis-garis mata.

 

11. Maskara

Produk kosmetik yang satu ini bertujuan agar bulu mata terlihat lebih lentik dan rapi. Bila ingin menebalkan, ataupun memanjangkan bulu mata, maka maskara adalah jawabannya.

 

12. Highlighter

Nah, di urutan terakhir penggunaan #BeautyHaulSquad bisa menggunakan highlighter untuk memberikan kesan yang lebih kuat dan mengkilap agar bisa memantulkan cahaya.

 

13. Lipstick

Lipstik merupakan produk kosmetik andalan bagi para wanita untuk merias bibir agar terlihat lebih menarik. Beberapa warna yang sering digunakan adalah pink, merah, orange, cora, brown, peach, hingga ungu bisa membuat penampilan semakin cantik bersinar.

 

Saat ini, ada begitu banyak varian jenis lipstik, seperti lip cream, lip tint, lip balm, lip liner, lip gloss, dan juga lip primer.

Itulah bermacam-macam produk kosmetik beserta fungsinya. Yuk, pilih dengan cermat.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Skin Type
Back
Skin Concerns
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYEBROWS
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
FRAGRANCE
Back
GWP
Back
OTHERS
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping